Ciri Khas dari Kebaya Pengantin Adat Jawa HP/WA:085229756995

Salah satu hal yang menjadikan sebuah pernikahan tradisional makin memikat dan menarik adalah busana pakaian yang dipakai oleh mempelai pria dan wanita. Salah satu busana yang cukup menarik perhatian orang jawa adalah kebaya pengantin adat Jawa. Entah itu untuk Jawa Timur, Jawa Tengah, dan juga Jawa Barat, meskipun ketiga – tiganya terlihat lebih rumit dibandingkan dengan pernikahan modern, namun pernikahan dengan cara tradisional ini justru lebih meninggalkan kenangan yang tidak terlupakan.



TOKO KEBAYA ONLINE : WWW.GROSIRKEBAYA.NET HP/WA:085229756995



Meskipun di jaman sekarang ini semuanya dituntut serba cepat dan juga praktis, khususnya dalam urusan pernikahan. Namun ternyata sekarang ini ada pula beberapa pasangan yang ingin melangsungkan pernikahannya dengan cara tradisional, berdasarkan asalnya. Tak heran bila banyak pasangan ada yang berburu mencari kebaya pengantin adat Jawa, khususnya untuk pengantin yang berasal dari Jawa. Karena dengan memakai kebaya inilah menjadikan resepsi yang mereka buat terlihat lebih sacral. Untuk busana pengantin Jawa Tengah, biasanya mereka lebih mengedepankan kesopanan. Tak heran bila kain batik yang dipakainya pun selalu ada lambang dan doa. Dimana salah satu cirri khasnya adalah memakai busana dodotan atau memakai kemben. Dengan kain batik yang dibalutkan ke tubuh pengantin wanita tersebut tanpa memakai kebaya. Untuk pengantin pria pun tidak memakai beskap, mereka hanya memakai celana dari kain batik saja. Sedangkan untuk Jawa Timur biasanya mereka memakai busana yang hamper sama dengan adat dari Jawa Tengah. Karena mereka tidak mengenakan kebaya atau beskap, melainkan memakai kain batik. Selain itu, untuk mempelai prianya biasanya akan memakai ikat kepala atau udeng dan pengantin wanita memakai tusuk konde dan juga mahkota.







Pada dasarnya dalam kebaya pengantin adat Jawa itu mengenakan kain batik yang sama persis dengan pasangannya. Selain itu, biasanya pengantin ini mengenakan tambahan tusuk konde atau kembang goyang. Ini biasanya dipakaikan untuk adat Jawa Barat. Sementara untuk model yang dikenakan itu tidak jauh dari busana pada pengantin modern. Karena untuk pengantin prianya akan memakai baju yang tertutup bersamaan dengan ikat pinggang. Sementara kainnya adalah batik, dengan tutup kepala yaitu bendo dan juga keris yang sama seperti adat dari pengantin Jawa Timur dan Jawa Tengah.
0 Komentar untuk "Ciri Khas dari Kebaya Pengantin Adat Jawa HP/WA:085229756995"

Back To Top